Monday, August 17, 2020

Ini Artikel Makna Merdeka Untuk Pemuda

 

Makna merdeka dilihat dari kacamata definisi berasal dari bahasa Sansakerta yaitu maharddikha yang berarti sangat bijaksana atau alim. Definisi tersebut sering pula dikaitkan dengan kesucian dalam diri seorang ulama. Sedangkan makna istilah merdeka yang menyudut pada pengertiannya secara bahasa, memiliki makna sebuah proses otonomisasi individu yang telah melepaskan diri dari belenggu yang merampas hak asasi dan kehormatan, atau dengan kata lain, istilah merdeka dapat diinterpretasikan sebagai realitas baru masing-masing individu atau kelompok sebagai agar supaya terlepas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan.

 

Dalam konteks kehidupan, merdeka adalah fitrah bagi manusia yang tidak terikat tempat dan masa. Masih ada asumsi atau anggapan, bahwa  merdeka bagi setiap individu atau rakyat indoensia belum bisa di rasakan secara nyata, hal itu sama dengan makna dehumanisasi kemerdekaan itu sendiri. Melihat historio bangsa baik secara legal-fomal ataupun politis-yuridis bangsa Indonesia memang sudah merdeka. Pandangan umum terkait makna merdeka secara lebih spesifik terkadang sulit untuk di definisikan, bagaikan abstraksi kalimat yang mana setiap individu memiliki pengertian dan asumsi yang berbeda. Maka perlu halnya makna merdeka di artikan sebagaimana penggunaannya pasca proklamasi negara Republik Indonesia, dengan memahami makna merdeka di untuk generasi muda Indonesia saat ini, sebagai cermin diri dan refleksi generasi penerus agama dan bangsa.

 

Makna Kemerdekaan bangsa Indonesia pasca proklamasi sampai saat ini, banyak mengalami pergeseran makna. Merdeka untuk generasi muda saat ini dapat dimaknai sebagai proses transisi generasi bangsa. Kaum milenial saat ini menganggap bahwa pendidikan dan pekerjaan sebagai bagian dari bagaimana generasi muda dapat mewujudkan kesuksesan di masa depannya, implikasi dan realisasi proses transisi ini akan sangat mempengaruhi kepada kualitas dan kemajuan bangsa Indonesia, makna merdeka untuk generasi muda dapat di relisasikan melalui hal-hal yang terkecil, salah satunya adalah membebaskan dirinya dari kebodohan menuju generasi muda indonesia yang cerdas dan mampu menumbuh kembangkan potensi diri, lingkungan, sampai kepada hal yang terbesar. Sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing, dapat dijadikan sebagai aset bangsa di masa mendatang, semua itu hanya didapat oleh generasi muda Indonesia, makna merdeka bukan hanya di peringati dan menjadi muhasabah diri, akan tetapi makna merdeka di untuk generasi muda dapat di jadikan sebagai modal besar perubahan ke arah tujuan yang lebih positif sebagai proses transisi bangsa Indonesia di masa depan.

Implementasi makna merdeka untuk generasi muda Indonesia dapat di realisasikan dengan produktivitas untuk berkarya menciptakan hal baru atau menjadi konsumen budaya yang tidak selalu bergantung dengan produk dan trends gaya hidup di era modernisasi. Seiring dengan berkelanjutannya perubahan globalisasi dan perubahan budaya, maka makna merdeka untuk generasi muda dapat di implementasikan dengan nilai-nilai produktivitas, menjadi pelestari dan sumber konsumen budaya bagi bangsa indonesia. Berusaha menjadi pemuda yang kretif dan memiliki moralitas akan warisan budaya sebagai identitas diri dalam menghadapi persaingan global yang semakin maju, makna merdeka untuk generasi muda sebagai proses kemandirian untuk mewujudkan produktivitas dan menjadi percontohan positif untuk masa depan bangsa Indonesia.

Makna Merdeka untuk generasi muda saat ini dapat di bangun dengan revolusi mental, membangun jiwa merdeka menuju bangsa yang besar. Revolusi mental generasi muda saat ini dapat dilakukan mulai dari kehidupan sehari-hari, menjadi manusia yang memiliki integritas, mau bekerja keras, dan memiliki semangat gotong royong. Kemerdekaan saat adalah gerakan untuk menggembleng generasi muda Indonesia, agar menjadi manusia baru yang berhati putih, berkemauan baja dan memiliki semangat api yang menyala-nyala.

Revolusi di jaman kemerdekaan adalah sebuah perjuangan fisik, perang melawan penjajah dan sekutunya untuk mempertahankan negara kesatuan Indonesia, saat ini 75 tahun setelah merdeka, sesungguhnya perjuangan itu belum dan mungkin tidak pernah berakhir, Makna merdeka untuk generasi muda saat ini, harus melakukan terobosan revolusi, namun dalam arti yang berbeda, bukan lagi dengan mengangkat senjata, akan tetapi dengan membangun jiwa bangsa.

Makna Merdeka untuk generasi muda, dapat di bangun dengan mempersiapkan diri sebegai generasi penerus perjuangan bangsa, mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan prilaku yang bertujuan kepada orientasi kemajuan dan hal-hal yang positif, sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan negara lain di belahan dunia. Membangun jiwa bangsa melalui makna merdeka untuk generasi muda adalah hal yang sangat penting, karena membangun jiwa bangsa melalui generasi muda adalah modal utama membangun bangsa saat ini dan masa mendatang. Jiwa bangsa yang terpenting adalah jiwa merdeka bagi generasi mudanya yang akan mewarisi dan menjadi penerus estafet perjuangan bangsa.

Makna merdeka dalam bingkai asumsi pemuda secara individu dapat di wujudkan dengan sikap optimisme dalam mengahadapi tantangan jaman yang semakin modern, meletakan harapan dengan kebebasan mencipta dan memberikan solusi pembaharuan adalah sebagai wujud dari makna merdeka di untuk generasi muda Indonesia.

Kesimpulannya, Makna merdeka untuk generasi muda dapat dimaknai sebagai sebuah proses transisi generasi muda melalui pendidikan dan lapangan pekerjaan demi menyongsong masa depan bangsa yang maju, beradab dan mampu berkompetisi melalui hal-hal yang positif sampai dengan hal yang terbesar. Arti merdeka untuk generasi muda dapat di wujudkan melalui ekspresi kebebasan mencipta, menjadi sumber produktivitas, kretifitas dan menjadi konsumen budaya sebagai identitas bangsa Indonesia. Perubahan makna merdeka untuk generasi muda pada saat ini dapat di jadikan sebagai proses membangun jiwa bangsa melalui revolusi mental, sehingga terbentuk jiwa bangsa yang merdeka yang menjadi modal utama dalam membangun bangsa sehingga bangsa Indonesia memiliki generasi muda yang memiliki integritas, mau bekerja keras dan memiliki moralitas khususnya memiliki sikap toleransi keberagaman demi mewujudkan perdamaian bangsa dan kesejahtraan sosial bagi warga negara Indonesia.

Penulis: Oleh: Bad’ul Hilmi Arromdoni


No comments:

Post a Comment