Tuesday, September 1, 2020

Catatan Ngaji Bersama Syekh Adnan al-Afyouni (Mufti Damaskus-Syiria)

 


Syekh Adnan al-Afyouni (Mufti Damaskus-Syiria) mengisi pengajian Dalam acara Haul KH. Abdurrohim ke-23, Muharaman1442 H, HARLAH Pondok Pesantren ke-60 serta Khotmil Qur’an Juz ‘Amma, Binnadzri dan Bil Hifdzi  30 Juz di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar Provinsi Jawa Barat.


Ngaji bersama ini dilakukan secara during menggunakan koneksi internet dengan aplikasi Zoom, Beliau Syekh Adnan al-Afyouni sangat berbahagia bisa mengikuti kegiatan ini dengan para santri  di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, yang mana santri-santri tersebut adalah termasuk dari sekaian banyak manusia yang diberikan kenikmatan dalam belajar agama khususnya menghafalkan al-Qur’an.


H. M Ahsin Mahrus. Lc, MA (Rois PCINU Syiria) sebagai Penerjemah dalam acara Ngaji bersama dengan Syekh Adnan al-Afyouni.


Beliau Syekh Adnan al-Afyouni mengungkapakan, “Sebenarnya saya tidak ingin memberikan penghargaan kepada penghafal al-Qur’an karena penghafal al-qur’an sudah di berikan jaminan oleh Allah SWT teerhadap penghargaan yang akan di berikan oleh Allah SWT di akhirat nanti. Allah SWT juga memberikan penghormatan kepada para penghafal al-Qur’an sebelum diberikan penghargaan di akhirat, Allah SWT memberikan penghargaan bagi para penghafal Qur’an di dunia dengan derajat yang tinggi seperti derajatnya para malaikat. Ketika semua suara diam saat berada di akhirat di hari akhir nanti kecuali para penghafal Qur’an yang akan diberikan hak  syafa’at. Rasululah SAW  bersabda : “Barangsiapa yang menghafalkan al-qur’an dan mengamalkan isinya maka Allah SWT akan memberikan hak syafa’at kepada 10 keluarganya dan orang yang ia kehendaki”.

 

Melanjutkan pemaparan Syekh Adnan al-Afyouni, beliau mengutarakan bahwa “saya senang dapat mengikuti acara ini, karena acara ini isinya adalah  mengagungkan al-qur’an terhadap para penghafal al-Qur’an yang memiliki derajat yang tinggi, bahkan Rosululllah SAW bersabda: “Barangsiapa menghafalkan al-qur’an, maka Allah SWT akan memberikan pakaian bercahaya untuk orang tuanya”.

 

Saya ucapakan terimakasih kepada para penghafal al-qur’an dengan tulus, karena kalian sudah diberikan sahadah (kesaksian) oleh  Allah SWT pada hari ini.  Kalau kamu ingin tahu tempat-mu suatu hari nanti di akhirat maka lihatlah dirimu saat ini, saya ingatkan ada sesuatu hal yang perlu saya ungkapkan.


Saya ingin kalian menjadi al-Qur’an berjalan dalam hal memahami al-qur’an, ber-akhlak  seperti al-quran, menjaga nilai-nilai al-Qur’an yang harus di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, al-Qur’an bukan saja huruf-hurf yang disusun dengan menggunakan ilmu tajwid. Setelah kalian menghafalkan al-qur’an ada tugas lainnya yaitu  kalian harus memahami isinya sehingga harapan diri kalian menjadi al-Qur’an berjalan dapat di wujudkan.

 

Saya ucapakan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada para pengajar al-Qur’an baik laki-laki ataupun perempuan, Rasululah SAW bersabda, ” sebaik-baik kalian adalah orang yang menghafalkan al-Qur’an dan Mengamalkannya”.


Saya ucapkan terimakasih juga kepada untuk pondok pesantren khususnya kepada pondok pesantren ini, yang telah meninggikan panji-panji Islam, pesantren adalah tempat mendidik generasi islam saat ini menuju generasi yang akan datang, Saya Ucapakan banyak terimakasih kepada para pendidik yang telah bersusah payah dalam memberikan pengajaran menghafal al-Qur’an dan Ilmu-Ilmu di pondok pesantren.


Sebagai penutup, saya pribadi sangat menyukai Indonesia, dari mulai pejabatnya, Ulama dan  tradisi yang ada di Indonesia, saya harapkan Indoensia  dapat berkembang dan Maju sebagai negara yang penuh  dengan keramahan dan penuh  dengan kedamaian.


H. M Ahsin Mahrus. Lc, MA  penerjemah  dalam acara ngaji bersama ini, menambahkan bahwa ”Syekh Adnan al-Afyouni sangat menyukai Indonesia, bahkan beliau lebih  dari 20 kali untuk menghadiri berbagai acara yang ada, khususnya acara Jam’iyah Sufi yang di pimpin Oleh al-Habib Maulana Lutfi bin Yahya”.

(Bad’ul/Alazharmedia/01/09/2020)


No comments:

Post a Comment