Tuesday, April 16, 2019

LIMA SYARAT BAGI SEORANG SANTRI SAMPAI PADA DERAJAT YANG TINGGI DI DALAM BAIT ALFIYAH IBNU MALIK



Al Azhar Media | Selasa, 16 April 2019
Citangkolo – lima syarat bagi seorang santri agar mendapat derajat yang tinggi, hal ini dijelaskan oleh Imam Malik dalam bait Nadhom Alfiyah Ibnu Malik, yang berbunyi :

بالجر وتنوين والندا وال ومسند للاسم تمييز حصل
“Bil jarri watanwini wa nida wa al # wa musnadin lil ismi tamyizun hashal”

1.       Bil Jarri Artinya, seseorang thalabul ilmi harus mempunyai dan bersifat,pertama, Jar. Dalam artian tunduk dan tawadduk terhadap semua perintah (baik dari Allah SWT maupun pemerintah). Sesuai dedngan apa yang di firmankan Allah SWT. Yang berbunyi, “athi’ullaha wa athi’urrosul wa ulil amri minkum”.

2.       Tanwin. Artinya, kemauan (baca: niat) yang tinggi mencari  ridha Allah SWT. Dengan kemauan yang tinggi seorang  thalabul ilmi akan mencapai apa yang ia inginkan. Sesuai dengan apa yang di sabdakan Nabi Muhammad SAW. Yang datangnya dari Amirul Mukminin, Abu Hafs, Umar Bin Khatab r.a, bahwa Nabi Muhammad SAW. Pernah bersabda yang berbunyi, “innamal a’malu binniyati, wa innama likullimriin ma nawa…(al – Hadist)”.

3.       Nida’. Artinya, Dzikir. Setelah adanya niat yang baik untuk mencapai tempat yang layak disisi Allah swt. Seorang thalabul ilmi diharapkan berdzikir mengingat-nya. Dengan ini, niat awal tidak akan menjadi ‘ashi (bis safar/fis safar).

4.       Al. yang berarti berfikir. Karena berfikir manusia mempunyai derajad yang lebih tinggi dari mahluk Allah lainnya. Maka dari itu, setidaknya seseorang yang ingin menggapai sesuatu seyogyanya menggunakan akal fikirannyasebaik mungkin, dengan tidak menggunakannya pada jalan yang salah, tidak berfikiran licik. Tidak seperti apa yang jamak dilakukan para aktivis yang kadang menggunakan akal fikirannya untuk mengkorup uang bawahannya, instansi, dan sejenisnya.

5.       Musnad Ilaihi. Beramal nyata (ikhlas). Cara yang kelima ini merupakan puncak dari semuanya. Dengan ikhlas semuanya akan gampang, bahkan hal yang selama ini sulit untuk di dapatkan itu bisa terealisasikan. Rahasianya hanya dengan bisa melapangkan hati untuk senantiasa ikhlas dalam segala amal.

Semoga kita semua bisa menjalankan apa yang telah dijelaskan oleh imam malik, dan dimudahkan dalam mencari ilmu dan pada akhirnya kita mendapat derajat yang luhur. Amiin. Amirul Mukminin.

No comments:

Post a Comment