Friday, July 19, 2019

Pengurus Putri Periode 2019/2020 Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Resmi dilantik


Pengurus putri pondok pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar Jawa Barat resmi dilantik pada Kamis malam,  18/7.
Acara serah terima jabatan dan pelantikan pengurus putri periode 2019/2020  ini dihadiri oleh segenap pengasuh dan ratusan santri putri. Dalam sambutannya,  Romo KH Munawir Abdurrahim menyampaikan hadist Nabi Muhammad SAW "Apabila ummatku berkumpul lebih dari tiga orang maka harus ada pemimpinnya.  Nah santri putri lebih dari tiga orang. Maka wajib harus ada pemimpin diantara kalian," paparnya.
Menurutnya, acara yang digelar pada malam Jum'at ini merupakan acara yang istimewa. Karena hari Jum'at merupakan hati istimewa bagi umat islam. Dan umat islam mempunyai kitab suci sepanjang zaman yaitu Al-Qur'an. Dengannya, seluruh manusia berpedoman.
Selain Al-Qur'an yaitu sunnah Nabi SAW kemudian ada ijma dan ada qiyas. Dan qiyas inilah yang digunakan oleh para pengurus untuk menentukan dan memecahkan permasalahan untuk mencapai ketertiban dan kenyamanan santri.
Beliau juga mengingatkan akan tiga pilar santri Al-Azhar yaitu sregep sholat berjama'ah, sregep nderes Al-Qur'an, sregep ngaji lan sekolah (rajin sholat berjama'ah, rajin membaca Al-Qur'an, rajin ngaji dan sekolah.
"Kamu lakukan tiga pilar santri Al-Azhar, nanti saat kamu telah mukim maka Allah akan mencukupi kebutuhanmu.  Semuanya alloh mudahkan kalau kamu semua rajin dan ikhlas dalam belajat dipesantren ini," tegasnya.
Abah haji, sapaan akrab Romo KH Munawir  mengingatkan kepada seluruh santri untuk rajin dan semangat dalam menjalankan ngaji serta aktivitas belajar dipondok pesantren.
Tak hanya itu,  sebelum mengucapkan ikrar pelantikan, beliau mengingatkan dan memberikan semangat kepada kepengurusan baru untuk selalu memberikan uswatun hasanah bagi seluruh santri.  Dan pengurus harus menjadi yang terdepan dalam hal kebaikan. 
"Sebelum berjamaah,  pengurus harus siap dulu. Pengurus harus tanggap dan semangat berbagai kegiatan," ungkapnya.
Beliau mengucapkan terimakasih kepada kepengurusan sebelumnya yang telah mengabdi dan menyumbangkan tenaganya. Beliaupun mengatakan bahwa barangsiapa berbuat kebaikan sebesar biji jarahpun maka akan mendapatkan hasilnya begitupun sebaliknya.  Semoga bisa lebih baik dan leboh baik lagi.
Acara ditutup dengan doa oleh pengasuh putri,  Nyai Mus'idah Abdurrohim.

(Aisyah/Bad’ul/Al Azhar Media)

No comments:

Post a Comment