Sunday, October 13, 2019

Pengurus Putri Bidang Pendidikan PPMH Al-azhar Perkuat Kembali Semangat Ngaji Santri


Banjar, Al-Azhar Media
Setiap lembaga pondok pesantren tentu mempunyai kebijakan dan ciri khas masing-masing. Begitupun pondok pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar Jawa Barat yang tidak bisa terlepas dari kegiatan mengaji.
Mengaji merupakan suatu kewajiaban yang harus dilaksanakan oleh setiap santri tanpa terkecuali. Benar saja, karena semua kegiatan yang dilakukan santri sejak bangun tidur hingga tidur lagi dapat dilakukan dimana saja termasuk dirumahpun bisa. Dan hanya mengaji yang hanya akan ditemui dipondok pesantren. Untuk itu, seksi pendidikan putri gelar musyawarah yang bertempat di komplek Baitul Izzah, pada Sabtu malam 12/10.
Mengingat kegiatan santri yang sangat padat dan beragam mulai dari bangun pagi, laksanakan shalat tahajud, lalu sholat Shubuh berjamaah, dilanjut dengan madrasatul Qur’an, sekolah formal, lalu shalat berjama’ah Ashar,  takaror, ngaji bandungan, shalat Maghrib berjamaah, ngaji sorogan, Shalat Isya berjama’ah lalu Diniyahan dan istirahat. Merupakan rangkaian kegiatan keseharian santri putri.
Dalam musyawarah ini bertujuan untuk memperkuat kembali semangat belajar santri dalam berbagai kegiatan. Wujud menyemangati santri dalam mengaji salah satunya yaitu dengan mengeluarkan surat izin dan sakit. Santri akan mendapat surat izin atau sakit jika sudah ada keterangan dari seksi penddikan ataupun keamanan. Dengan adanya surat, maka santri tidak menyepelekan dan tidak meninggalkan ngaji seenaknya.
Dengan menggunakan surat, tidak hanya guru saja yang tahu alasan santri tidak mengikuti ngaji ataupun sekolah formal, tetapi pengurus juga akan lebih faham. Maka santri akan semakin terarahkan dan terbimbing. Musyawarah ini juga mediskusikan apa saja sanksi yang tepat bagi santri yang terlalu banyak alpha. Selain itu, seksi pendidikan putri juga mengeluarkan daftar surat keluar untuk masing-masing komplek agar bisa mengevaluasi setiap kegiatan santri dan menindaklanjutinya jika terlalu banyak santri yang izin, sakit, bahkan alpha dalam mengaji. 
Selain itu, agenda terbaru bagi santri putri yaitu mengikuti Bahtsul Masail. Bahstsul masail ini hanya diikuti oleh pengurus dan santri putri dalam sebulan sekali.

(Alazhar Media/Siti Aisyah/13/10/2019)

No comments:

Post a Comment