12 Juni 2023

Cetak Penulis Handal, Al-Azhar Media Gelar Pelatihan Jurnalistik

 

Peserta Pelatihan Jurnalistik 2023

Banjar - Al-Azhar Media dari Departemen Dokumentasi dan Publikasi menggelar kegiatan Madrasah Jurnalistik pada Jumat s/d Minggu (9 s/d 11 Juni 2023) yang bertempat di Lab Komputer SMP Al-azhar. 


Ari Mufti, dalam laporan panitia menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan daya literasi santri di dalam bidang tulis menulis.


“Tujuan kegiatan utama dari ini dilaksanakan untuk mengembangkan bakat terpendam dari para santri dan menyalurkan karya tulis mereka sebagai media berdakwah, “ tuturnya.


Pria yang akrab disapa kang Ari juga menambahkan, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu diikuti oleh sejumlah santri yang langsung dibimbing oleh mentor yang berasal dari alumni Pondok Citangkolo.


“Peserta dari kegiatan tersebut berjumlah 15 santri al-azhar yang dibimbing langsung oleh para mentor profesional alumni pesantren, “ lanjutnya.


Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Al-Azhar Gus H. Ahmad Bananu Syafiq menuturkan, santri di zaman modern tidak hanya berkewajiban mengaji, namun juga perlu menyelami bidang lain untuk memaksimalkan potensi diri.


“Hidup di lingkungan pesantren, tidak melulu waktu santri habis untuk menyelami satu perkara yang dianggap penting. Oleh karena itu Pelatihan Jurnalistik ini salah satu cara agar  santri bisa menyelaraskan waktu kapan ia harus beribadah dan kapan ia harus melakukan hal-hal domestik lainnya," tuturnya.


Gus Syafiq, sapaan akrabnya, memberi motivasi kepada para peserta dengan mengutip ungkapan Imam Syafi’i.


“الْعِلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ * قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الْوَاثِقَهْ , Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya, ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat,” sambungnya.


Sebagai informasi, kegiatan Madrasah Jurnalistik yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo ini merupakan kegiatan pelatihan pertama di dalam dunia Jurnalistik. 


Hal itu merupakan wujud mengembangkan inovasi pendidikan sebagaimana motto Pesantren Citangkolo, “Menjaga Tradisi dan Mengembangkan Inovasi”.


(Nazwa Aulia/ Al Azhar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar