12 Juni 2023

Koperasi Pesantren Citangkolo, Tidak Hanya untuk Kebutuhan Santri, Tapi Media Belajar

 


BanjarPenjaga Koperasi MM Mart di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo mengungkapkan, adanya koperasi di Pondok Pesantren sangat mempermudah para santri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


“dengan adanya koperasi di dalam kompek pesantren tentu sangat membantu, karena para santri yang membutuhkan kebutuhan sehari-hari tidak perlu belanja di luar,” ungkap salah seorang penjaga koperasi saat diwawancara oleh tim al-azhar media pada Minggu, 11 Juni 2023.


Lebih lanjut Ia menambahkan, jika keberadaan koperasi sebagai salah satu upaya untuk menjaga ketertiban dan kedisiplinan santri putra maupun putri  agar tidak sering keluar masuk pondok, yang itu terkadang mengganggu kegiatan rutin di pesantren.


“ya memang kebutuhan santri kan banyak, tapi kalau sudah di pesantren ya harus tertib aturan. Jadi tujuan koperasi ini menyediakan kebutuhan dan melatih agar kakang dan mba santri tetap istiqomah di pondok, tidak sering-sering keluar pondok,” lanjutnya.


Koperasi yang tujuan awalnya menyediakan kebutuhan dan upaya mewujudkan ketertiban, namun selain itu juga adanya koperasi ini menjadi wadah untuk mengabdi dan belajar tata kelola niaga, yang akan bermanfaat ketika sudah pulang dari pesantren.


“koperasi ini dibangun tahun 2022, pemiliknya pengasuh. Kami yang jaga semua santri ndalem, koperasi ini jadi tempat belajar kelola berjualan selain kewajiban mengaji, “ tutupnya.


Penulis: Siti Nurasiah

Editor: Aji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar