20 Juni 2023

Gelar Literasi Digital, JSH Bekali Santri Melalui Pelatihan Cek Fakta Mandiri


Sambutan Perwakilan Tim JSH

Alazharcitangkolo.com- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat menggelar Pelatihan Cek Fakta Mandiri Bersama Jabar Saber Hoaks (JSH) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Selasa (20/6/2023). Kegiatan tersebut diikuti peserta sebanyak 120 santri putra dan putri.

Terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud dan upaya meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar di Jawa Barat, Jabar Saber Hoaks (JSH) mengadakan Pelatihan Literasi Digital dan Cek Fakta Mandiri di lingkungan Sekolah dan Pondok Pesantren.

Dalam sambutannya, mewakili tim JSH, Ganjar Darussalam menjelaskan tentang Jabar Saber Hoaks merupakan upaya pemerintah Jawa Barat guna mengantisipasi berita hoaks yang sering terjadi.

"Jabar Saber Hoaks adalah unit kerja yang disahkan oleh bapak gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 7 Desember 2018. Jadi, ketika dilantik pada Agustus 2018 beberapa bulan kemudian bulan Desember kami dibentuk dalam rangka mengantisipasi dan mengklarifikasi berita-berita hoaks di media sosial di Internet yang senantiasa setiap hari datang dan viral di Handphone kita masing-masing." Jelasnya

Lebih lanjut, melalui kegiatan yang bertajuk Kejar Tabayyun ini, Ganjar berharap dapat memberikan manfaat untuk meminimalisir kejahatan persebaran informasi yang tidak terkontrol.

"Di Jawa Barat sendiri sekarang kurang lebih ada 50 juta penduduk dengan jumlah Handphone sebanyak 100 juta lebih. Hal ini jika tidak dibarengi dengan ilmu literasi digital maka kita akan menjadi korban dari kemajuan teknologi ini sendiri. Jadi, harapannya kita sama-sama bisa mengontrol penggunaan gadget dalam menerima informasi. Bukan kita yang terjebak pada genggaman handphone dan internet," Lanjutnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Citangkolo Kota Banjar ini, dihadiri langsung oleh pimpinan pondok pesantren, KH. Munawwir Abdurrohim, MA.

KH. Munawir Abdurrohim, MA dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pentingnya bersikap jujur dimanapun tempat, termasuk dalam menggunakan media sosial sebagai upaya memuliakan agama.

"Tujuan dari kegiatan ini intinya mengajak kepada semua untuk bersikap jujur, mari kita dalam melakukan apapun harus didasari kejujuran untuk memuliakan agama Alloh SWT," tuturnya.

Penulis: Neli Fadilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar