Thursday, May 2, 2019

Bukan “Selamat” Tapi “Lanjutkan Perjuangan”

Acara penyerahan perserta didik MA Al Azhar kepada wali murid

Al Azhar Media | Kamis, 02 Mei 2019
Citangkolo – Bagi para pelajar khususnya siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat merayakan hari kelulusan adalah hal yang wajib. Terlebih mereka sudah menimba ilmu selama tiga tahun dibangku sekolah.

Menggelar acara penyerahan anak didik dari guru atau lembaga kepada wali murid adalah hal yang umum dilakukan oleh setiap sekolah. Budaya ini biasanya diisi dengan penampilan para siswa dan sambutan dari perwakilan sekolah serta sambutan perwakilan wali murid.

Menurut Gus Rizal, selaku Mudir Madrasah Diniyah Ulya Al Azhar, tiga tahun di Sekolah Formal belum begitu terlihat hasilnya. Sehingga tidak patut bagi seorang murid menganggap jenjang pendidikan Formal sebagai langkah akhir yang pantas untuk dirayakan.

Acara ini hanya sebagai simbol untuk berhenti sejenak, merenung, muhasabah dari apa yang di dapat selama tiga tahun belajar di bangku sekolah. Dengan begitu para peserta didik menentukan langkah selanjutnya untuk meneruskan Estafet kehidupan dengan pertimbangan yang lebih matang, Tambahnya.

Maka sebaiknya pemaknaan penyerahan perserta didik tidak dengan ucapan “Selamat” tetapi dengan ucapan “Lanjutkan perjuangan”, Pungkasnya. Amirul Mukminin.

No comments:

Post a Comment