23 April 2022

Datang Malam Lailatul Qadar, Kiai Munawir Ajak Santrinya Melek Bermunajat


 Citangkolo, Al-Azhar Media

 

Bulan Suci Ramadan tahun 1443 H kini sudah memasuki babak akhir. Hal itu juga bertepatan dengan mulai datangnya malam Lailatul Qadar.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Kiai Munawir Abdurrohim mengatakan, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik bagi umat muslim dibandingkan malam seribu bulan.

 

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutannya dalam acara Lailatul Muwadda'ah yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Miftahul Huda al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, pada hari Jum'at (22/04/2022).

 

Menurutnya, umat muslim dapat mengetahuj datangnya malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan dengan memahami tanda-tandanya sebagaimana yang sudah lumrah dijelaskan dalam beberapa keterangan kitab.

 

"Tanda-tanda munculnya malam Lailatul Qadar diantaranya, selalu datang pada tanggal yang ganjil, malam tersebut tidak ada hujan, suasana malam hening, sunyi dan tenang," paparnya.

 

Lebih lanjut, ia pun mengajak santrinya agar mampu memanfaatkan momentum Lailatul Qadar dengan banyak beribadah kepada Allah SWT.

 

"Santri-santri jangan buang waktu malam istimewa Lailatul Qadar dengan tidur. Kalian harus prihatin, melek bermunajat kepada Allah SWT, minimalnya siaga ibadah malam pada tanggal-tanggal ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan," ungkapnya.

 

(Azmi/AM)

No comments:

Post a Comment