02 April 2022

KEISTIMEWAAN PUASA

 


Kajian kitab asrar al-shaum karangan Abi Hamid Muhamad bin Muhamad Al-Ghozali.


Puasa merupakan ibadah yang menjadi seperempat dari keimanan. Imam al-ghozali menyampaikan ini berdasarkan atas hadis rasul saw. “puasa adalah setengah dari kesabaran “. Dan juga hadis, “kesabaran adalah setengah dari keimanan”. Sehingga Ketika di kalkulasi dua hadis ini bisa di simpulkan puasa adalah seperemnpat dari keimanan.


Puasa yang merupakan bentuk riyadloh untuk menahan segala bentuk nafsu syahwat individu agar berlaku baik kepada diri dan sesamanya memiliki nilai yang tinggi di hadapan Allah. karena Puasa merupakan ibadah yang istimewa dikarenakan kekhususan pahala puasa yang langsung di nisbah kan kepada Allah swt. Hal ini di sampaikan dalam hadis “Setiap kebaikan sebanding dengan 10 hingga 700 kali dilakukan kecuali puasa, karena puasa adalah milikku dan Aku yang akan membalasnya”.


Imam Ghozali menyampaikan nilai lebih yang di miliki puasa dikarenakan dua hal :


Pertama, puasa merupakan ibadah dengan cara meninggalkan segala bentuk yang dapat membatalkan puasa dan menahan dari segala bentuk amal buruk. Meninggalkan sesuatu tersebut tidak dapat dilihat secara langsung berbeda dengan ibadah yang lain yang bisa terlihat dan disaksikan oleh makhluk lain. Puasa adalah amal bathin dengan kesabaran yang murni di dalam hati dan tertuang dalam tingkah laku. Sehingga puasa nilainya tidak dapat dilihat kecuali oleh dzat yang maha melihat terhadap apa yang ada dalam hati setiap insan.


Kedua, puasa merupakan perwujudan dari melawan terhadap musuh Allah swt  yaitu syaitan. Syaitan menggoda manusia melalui syahwat. Syahwat sendiri akan kuat dengan makan dan minum berlebih yang merupakan hal yang harus di hindari bagi orang yang berpuasa. Secara tidak langsung puasa adalah melawan syaitan dengan memutus syahwat yang menjadi pintu syatian menggoda manusia. Hal ini sesuai dengan apa yang di sampaikan oleh Rasu;l : “syaitan berjalan di setiap aliran darah maka persempitlah dengan rasa lapar”.


Semoga bulan romadlon ini kita bisa mendapatkan keistimewaan-keistimewaan puasa. Wallahu a’lam.

Penulis : Gus Rijal

No comments:

Post a Comment