19 Maret 2023

Buka Akhirusanah Ponpes Al-Azhar Citangkolo, KH Munawir Abdurrahim Ungkap Tiga Kunci Sukses Santri

 

Foto: Tangkapan layar

Alazharcitangkolo.com- Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar menggelar kegiatan Haflah Akhirussanah yang bertempat di gedung Aula Munas & Konbes NU Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pengasuh pondok pesantren, para santri, Ketua DPRD Kota Banjar, para wali santri, dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Citangkolo.

Disiarkan langsung melalui kanal Youtube Alazhar Citangkolo.

Kegiatan tersebut juga turut mengundang Pengasuh Pondok Pesantren Ath-Thahiriyyah Purwokerto Jawa Tengah, KH Muhammad Thoha ‘alawy Al-Hafidz yang akan mengisi tausiyah pada malam hari.

Ketua panitia pelaksana Ustadz Nur Hidayat melaporkan, kegiatan ini diikuti oleh para santri dari berbagai tingkatan. 

"Ada sejumlah santri putra-putri yang tampil sebagai khatimin dan khatimat dalam kegiatan ini yang terdiri dari tingkat wustha sebanyak 690 santri dan tingkat ulya sebanyak 36 santri," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Kang Dayat tersebut juga menambahkan, ada beberapa macam kutubus salafiyah yang dilantunkan oleh santri putra dan putri dalam kegiatan ini.

"Terdapat beberapa kitab yang dilantunkan sebagai nadzoman dalam kegiatan Akhirussanah ini, di tingkatan wustha ada kitab Alaa-laa untuk kelas persiapan, Nahwu Jawan untuk kelas 1, Al-Jurumiyah untuk kelas 2, dan Al-'Imrity untuk kelas 3, sedangkan di tingkat ulya kelas 3 yakni kitab Alfiyah Ibnu Malik", jelasnya.

Tiga Kunci Kesuksesan Santri Menurut Kiai Munawir

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhar Citangkolo KH Munawir Abdurrohim menjelaskan, ada 3 (tiga) kunci utama kesuksesan santri.

“Santri itu jika ingin hidupnya sukses ia harus istiqomah. Kunci sukses santri ada 3 (tiga), pertama rajin sholat berjama’ah, kedua rajin nderes Al-Qur’an, ketiga, rajin ngaji dan sekolah," tuturnya. 

Kiai Munawir menilai, jika tiga hal tersebut dijalani, yakin hidupnya akan jadi orang yang sukses.

Ia juga berpesan kepada santrinya agar senantiasa menghormati guru.

"Dimanapun ia belajar hendaknya santri itu atau bahkan wajib menghormati gurunya, siapapun yang menghormati gurunya maka hidupnya akan mendapatkan keberkahan. Selain itu santri juga harus mampu mengamalkan ilmunya sehingga menjadi orang yang bermanfaat di masyarakat," jelasnya.

Haflah Akhirussanah

Sebagai informasi, dalam metode pendidikan Islam sebagaimana yang dilaksanakan banyak di pondok pesantren, Haflah Akhirussanah merupakan prosesi akhir pendidikan santri. 

Baik itu kenaikan kelas atau wisuda bagi santri yang telah menyelesaikan seluruh jenjang pendidikan.

Kegiatan Haflah Akhirusanah di Pondok Pesantren Citangkolo ini tidak hanya dilaksanakan dengan khotmil kutubus salafiyah oleh para santri saja, namun ada berbagai macam acara.

Diantaranya pembacaan tahlil bersama dalam rangka Haul Thariqah Syathariyah yang dipimpin oleh KH Munawir Abdurrohim, dan dilanjut dengan mauidzoh hasanah oleh pengasuh Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Purwokerto Jawa Tengah KH. Mohammad Thoha 'Alawy Al-Hafidz ​​​​​.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar