Tuesday, August 13, 2019

Panitia Qurban 1440 H Di PPMH Al-Azhar Citangkolo: Tidak Menggunakan Wadah Plastik


Banjar, Alazhar Media
Panitia Qurban Idul Adha 1440 H di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-azhar Citangkolo Kota Banjar tidak menggunakan plastik terkait wadah pembagian hewan qurban, hal ini sebagaimana di intruksikan oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Dikutip dari situs NU Online, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim PBNU mengimbau para penyelenggara pemotongan dan penyaluran hewan kurban agar idul adha tidak hanya dijadikan sebagai momentum mendakatkan diri kepada Allah melalui ibadah ritual, tetapi juga mendekatkan diri melalui penjagaan terhadap lingkungan, yakni dengan tidak memakai plastik untuk daging kurban.

“Kami Imbau para penyelenggara kurban untuk tidak perlu lagi mempergunakan kantong plastik atau kresek sebagai wadah daging, tapi menggunakan kemasan-kemasan yang ramah lingkungan. Jadikan idul adha sebagai satu momen kebangkitan untuk peduli lingkungan,” kata Direktur Bank Sampah Nusantara LPBI PBNU Fitri Aryani di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Senin (22/7), menjelang Idul Adha.

Dalam musyawarah persiapan penyembelihan hewan qurban’an (11/08) Penasehat Panitia Qurban 1440 H Yayasan Miftahul Huda Al-Azhar Panitia sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Drs. KH. Mu’in Abdurrohim, M. Pd. I mengimbau kepada panitia qurban 1440 H di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar agar tidak menggunakan wadah plastik untuk wadah pembagian hewan qurban, beliau juga menambahkan alternatif wadah yang di dapat di gunakan untuk wadah pembagian hewan qurban dengan menggunakan daun pohon jati, hal ini lebih alami dan ramah lingkungan, sekaligus demi menjalankan hasil musyawarah nasional Nahdlatul Ulama Tahun 2019 di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Jawa Barat yang membahas tentang bahaya dampak sampah plastik bagi lingkungan.

(Bad’ul/AlazharMedia/11/08/2019)

No comments:

Post a Comment