Sholat jamak (mengimpun dua sholat) dan qoshor
(mengurangi jumlah rakaat sholat) merupakan rukhsah atau bentuk keringanan dari
Islam untuk mereka yang sedang mengadakan perjalanan jauh yang berdasar pada dalil
al-Qur’an dan sejumlah riwayat hadist.
{وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ} [النساء: 101]
“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu
mengqashar shalatmu”. Artinya seseorang yang sedang
dalam bepergian (musafir) dibolehkan mengqashar shalat. Begitu pula jika dalam
keadaan berperang. Karena tuntunan konsntrasi penuh dalam menghadapi serangan
pihak musuh, maka diperboehkan mengqashar sholat.
صحيح
مسلم (3/ 462)
لَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنْ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ
يَفْتِنَكُمْ الَّذِينَ كَفَرُوا
“Tidaklah
mengapa kamu mengqashar shalatmu jika kamu takut diserang orang-orang kafir”.
Berikut penjelasan mengenai
ketentuan Sholat jamak dan Qoshor, dikutip dari kitab Fathul Qorib
hal.17, karangan al-Alim al-Alamah Syamsudin Abu Abdilah Muhammad ibn Qosim
as-Syafi’i :
(Fasal) menjelaskan qashar dan jama’ sholat.
Diperkenankan bagi musafir, yaitu
orang yang sedang bepergian untuk mengqashar sholat empat rakaat, bukan yang
lainnya yaitu sholat dua rakaat dan tiga rakaat.
Syarat Qashar Sholat, Diperkenankan mengqashar sholat dengan lima syarat.
1. perjalanan yang dilakukannya bukan
maksiat.
Yaitu mencakup perjalanan wajib seperti untuk melunasi hutang, perjalanan
sunnah seperti untuk silaturrahmi dan perjalanan mubah seperti perjalanan untuk
berdagang. Adapun perjalanan
maksiat seperti perjalanan untuk membegal jalan, maka saat melakukan perjalanan
ini, seseorang tidak diperkenankan melakukan kemurahan qashar sholat dan jama’.
2. Jarak
perjalanannya mencapai enam belas farsakh secara pasti menurut pendapat al
ashah. Dan jarak yang ditempuh saat pulang tidak dihitung. Satu farsakh adalah tiga mil. Kalau demikian, maka
jumlah seluruh farsakh di atas adalah empat puluh delapan mil. Satu mil adalah
empat ribu jangka kaki. Dan satu jangka sama dengan tiga telapak kaki. Yang
dikehendaki dengan mil adalah ukuran mil keturuan bani Hasyim.
3. Orang
yang melakukan qashar adalah orang yang melakukan sholat empat rakaat secara
ada’. Adapun sholat yang
tertinggal saat di rumah, maka tidak diperkenankan diqadla’ secara qashar saat
melakukan perjalanan. Sedangkan sholat yang tertinggal diperjalanan, maka boleh
diqadla’ dengan diqashar saat melakukan perjalanan, tidak diqadla’ di rumah.
4. Seorang
musafir niat melakukan qashar besertaan takbiratul ihram sholat tersebut.
5. Orang
yang qashar sholat tidak bermakmum di dalam sebagian sholatnya pada orang
muqim, yaitu orang yang melakukan sholat secara sempurna. Pentafsiran seperti
ini (orang yang sholat secara sempurnya) agar mencakup pada seorang musafir
yang melakukan sholat dengan sempurna.
Sholat-Sholat Yang Boleh di Jamak
:
Bagi seorang musafir yang melakukan
perjalanan jauh yang mubah, diperkenankan menjama’ antara sholat Dhuhur dan Ashar,
dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir. Dan ini adalah makna perkataan
mushannif, “di waktu manapun yang ia kehendaki”. Dan diperkenankan menjama’
antara sholat Maghrib dan Isya’ dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir. Dan ini
adalah makna ungkapan mushannif, “di waktu manapun yang ia kehendaki”.
Syarat Jamak Taqdim
Syarat-syarat jama’ taqdim ada tiga:
1. Di
mulai dengan melakukan sholat Dhuhur sebelum sholat Ashar, dan dengan sholat
Maghrib sebelum sholat Isya’. Seandainya
dia membalik, seperti memulai dengan sholat Ashar sebelum melakukan sholat
Dhuhur, maka tidak sah dan dia harus mengulangi sholat Ashar setelah melakukan
sholat Dhuhur jika ingin melakukan sholat jama’.
2. Melakukan
niat jama’ di permulaan sholat yang pertama, yaitu membarengkan niat jama’
dengan takbiratul ihramnya. Sehingga
tidak cukup jika mendahulukan niat jama’ sebelum takbiratul ihram dan
mengakhirkan hingga setelah melakukan salam dari sholat yang pertama. Namun
diperkenankan melakukan niat jama’ di pertengahan sholat pertama menurut
pendapat al adhhar.
3. Muwallah (terus menerus/bersambung) antara pelaksanaan sholat pertama dan sholat yang
kedua, dengan arti tidak ada pemisah yang relatif lama di antara keduannya. Jika ada pemisah yang relatif panjang/lama, walaupun
sebab udzur seperti tidur, maka wajib menunda pelaksanaan sholat ke dua hingga
masuk waktunya.Pemisah yang relatif sebentar / pendek tidak berpengaruh di
dalam muwallah antara dua sholat tersebut.
Syarat Jamak Ta’khir
Adapun jama’ ta’khir, maka di dalam
pelaksanaannya wajib untuk niat jama’ dan niat tersebut harus dilakukan di
dalam waktunya sholat yang pertama. Boleh
mengakhirkan niat hingga waktu sholat yang pertama masih tersisa masa yang
seandainya sholat tersebut dilakukan saat itu niscaya akan menjadi sholat ada’.
Di dalam jama’ ta’khir tidak wajib melaksanakan
secara tertib, muwallah dan tidak harus niat jama’, menurut pendapat
ash shahih di dalam tiga hal ini.
(فصل):
في قصر الصلاة وجمعها (ويجوز للمسافر) أي المتلبس بالسفر (قصر الصلاة الرباعية) لا
غيرها من ثنائية وثلاثية. وجواز قصر الصلاة الرباعية (بخمس شرائط) الأول (أن يكون
سفره) أي الشخص (في غير معصية) هو شامل للواجب كقضاء دين، وللمندوب كصلة الرحم،
وللمباح كسفر تجارة، أما سفر المعصية كالسفر لقطع الطريق فلا يترخص فيه بقصر ولا
جمع (و) الثاني (أن تكون مسافته) أي السفر (ستة عشر فرسخاً) تحديداً في الأصح ولا
تحسب مدة الرجوع منها، والفرسخ ثلاثة أميال، وحينئذ فمجموع الفراسخ ثمانية وأربعون
ميلاً، والميل أربعة آلاف خطوة، والخطوة ثلاثة أقدام، والمراد بالأميال الهاشمية
(و) الثالث (أن يكون) القاصر (مؤدياً للصلاة الرباعية) أما الفائتة حضراً فلا تقضى
فيه مقصورة، والفائتة في السفر تقضى فيه مقصورة لا في الحضر (و) الرابع (أن ينوي)
المسافر (القصر) للصلاة (مع الإحرام) بها (و) الخامس (أن لا يأتم) في جزء من صلاته
(بمقيم) أي بمن يصلي صلاة تامة ليشمل المسافر المتم (ويجوز للمسافر) سفراً طويلاً
مباحاً (أن يجمع بين) صلاتي (الظهر والعصر) تقديماً وتأخيراً وهو معنى قوله (في
وقت أيهما شاء و) أن يجمع (بين) صلاتي (المغرب والعشاء) تقديماً وتأخيراً وهو معنى
قوله (في وقت أيهما شاء) وشروط جمع التقديم ثلاثة: الأول أن يبدأ بالظهر قبل
العصر، وبالمغرب قبل العشاء، فلو عكس كأن بدأ بالعصر قبل الظهر مثلاً لم يصح،
ويعيدها بعدها إن أراد الجمع. والثاني نية الجمع أول الصلاة الأولى بأن تقترن نية
الجمع بتحرمها، فلا يكفي تقديمها على التحرم، ولا تأخيرها عن السلام من الأولى،
وتجوز في أثنائها على الأظهر. والثالث الموالاة بين الأولى والثانية بأن لا يطول
الفصل بينهما، فإن طال عرفاً ولو بعذر كنوم، وجب تأخير الصلاة الثانية إلى وقتها،
ولا يضر في الموالاة بينهما فصل يسير عرفاً، وأما جمع التأخير، فيجب فيه أن يكون
بنية الجمع، وتكون النية هذه في وقت الأولى، ويجوز تأخيرها إلى أن يبقى من وقت
الأولى زمن لو ابتدئت فيه كانت أداء، ولا يجب في جمع التأخير ترتيب، ولا موالاة
ولا نية جمع على الصحيح في الثلاثة.
Tanbih
Pertanyaan :
Bagaimana jika ada
orang yang menjamak sholat dzuhur dan ashar kurang dari 2 marhalah (16
Farsakh) ?
Jawaban :
Sebagian ulama
ahli fiqih menetapkan kebolahan jamak dan qoshor sholat untuk perjalanan minimal
2 marhalah (16 Farsakh), versi kitab tanwir al-Qulub 2 marhalah 80,640
KM, versi sebagian ulama 88,704 KM, versi mayoritas ulama 119 KM, versi
Hanafiyah 96 KM, versi kitab Fiqh al-Islamy 88,74 KM, versi imam Makmun 89 KM,
sedangkan versi imam Ahmad Husein al-Mishry 94,5 KM. Perlu di ketahui bahwa
tidak ada pendapat ulama yang membolehkan sholat qoshor yang kurang dari 2 Marhalah.
Sedangkan untuk sholat Jamak yang dilakukan di rumah/ditempat yang kurang
dari 2 Marhalah ada pendapat yang memperbolehkannya dengan catatan adanya hajat
dan tidak dijadikan kebiasaan.
Refrensi :
صحيح مسلم بشرح النووى : الجزء الثاني، ص : 359))
وَذَهَبَ جَمَاعَةٌ مِنَ اْلأَئِمَّةِ إِلَى جَوَازِ الْجَمْعِ فِيْ
الْحَضَرِ لِلْحَاجَةِ لِمَنْ لاَ يَتَّخِذُهُ عَادَةً وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ
سِيْرِيْنَ وَأَشْهَبَ مِنْ أَصْحَابِ مَالِكِ وَحَكَاهُ الْخَطَّابِيُّ عَنِ
الْقَفَّالِ وَالشَّاشِي الْكَبِيْرِ مِنْ أَصْحَابِ الشَّافِعِيِّ عَنْ أَبِي
إِسْحاَقَ الْمَرْوَزِي عَنْ جَمَاعَةٍ مِنْ أَصْحَابِ الْحَدِيْثِ وَاخْتَارَهُ
ابْنُ الْمُنْذِرِ
(Penulis: Bad’ul Hilmi AR/Ketua Lajnah Bahtsul Masail PP.Miftahul Huda
Al-Azhar Kota Banjar)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar