Tuesday, December 31, 2019

Tahun Baru 2020 Masehi, Pesantren Al-Azhar Laksanakan Sholat Awwabin dan Istighosah


Banjar, Azhar Media

Pembagian waktu merupakan sebuah konsep abstrak yang diciptakan oleh manusia dengan menghitung perputaran bulan dan matahari dari hitungan detik, menit, jam, sampai dengan hitungan milenium yang berdurasi 1000 tahun.

Umat Islam memiliki kalender Hijriyah yang didasarkan pada perputaran bulan untuk menentukan pelaksanaan berbagai peribadatannya. Sementara itu, Indonesia menggunakan kalender Gregorian atau Masehi yang berakar dari tradisi barat untuk menentukan berbagai aktifitas kegiatan pemerintahan resmi. Karena itu, di Indonesia terdapat dua kali peringatan tahun baru, yaitu 1 Muharram dan 1 Januari. Dua-duanya merupakan hari libur nasional.

Pada hari ini telah memasuki Tahun Baru 2020 Masehi. Dimana kalangan masyarakat merayakan dengan berbagai macam aktifitas kegiatan. Dari kalangan santri juga turut merayakan namun dengan mengisi kegiatan positif.

Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar mengisi malam tahun baru dengan melaksanakan sholat awwabin dan istighosah bersama didalam masjid.

"Malam tahun baru masehi alangkah baiknya diisi dengan kegiatan positif, yang tentunya mengingatkan kita kepada Alloh swt."
Ungkap Romo KH. Munawwir Abdurrohim. MA, sebelum melaksanakan sholat awwabin dan istighosah bersama.

Kemudian Beliau juga menuturkan bahwa setiap hal yang baru, memiliki nilai kebaikan maka harus disyukuri.

Kegiatan tersebut bukanlah hal aneh dalam perkembangan tradisi islam di Nusantara. Meski diluar hirup-pikuk bunyi petasan dan kembang api namun kalangan santri dipondok pesantren mendengarkan wejangan dari Pak Kyai dan melaksanakan dzikiran bersama.

Hal seperti inilah yang harus didorong untuk mengarahkan energi masyarakat dalam memperingati tahun baru masehi secara positif.

( Agus Syaiful Ma'arif/Alazhar Media/31/12/2019 )

No comments:

Post a Comment