Thursday, December 26, 2019

Pondok Pesantren Citangkolo Gelar Sholat Gerhana Matahari


Banjar, Al-Azhar Media
Sesuai dengan press release dari Kementerian Agama untuk melaksaksanakan shalat gerhana matahari yang jatuh pada hari ini, pondok pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar Jawa Barat melaksanakan hal tersebut. Informasi yang tertera dalam press release menyebutkan bahwa akan terjadi gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian. Maka shalat gerhana dilaksanakan mulai pukul 10.34 WIB dan akan mencapai puncaknya pada pukul 12.17 WIB dan akan berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Shalat gerhana kali ini dipimpin langsung oleh Romo KH Munawwir Abdurrohim, pengasuh pesantren dan diikuti oleh bu Nyai yaitu Ny.Hj Dairotul Hasanah, Alh, Ny.Hj Ishomah Maksum,Alh dan Ny.Hj Muhziyatul Makiyah. Terlihat juga segenap santri putra dan putri dan para tokoh masyarakat.

Sebelum memulai shalat gerhana, Abah Haji sapaan akrabnya menyampaikan tatacara shalat gerhana. Tak hanya itu, beliau juga memberikan pemahaman bahwa adanya gerhana matahari bukanlah sebab dari kematian seseorang.

Seperti pada zaman Rasulullah SAW. Pada waktu itu terjadi gerhana matahari. Dan orang-orang menganggap bahwa kejadian tersebut adalah akibat dari meninggalnya sayyid Ibrahim, putra Rasulullah SAW. Padahal bukan demikian. Adanya gerhana matahari adalah murni kekuasaan Allah SWT. "Adanya gerhana adalah salah satu dari kekuasaan Allah SWT. Dimana kita dianjurkan beristighfar, bershalawat dan shalat gerhana," paparnya, siang tadi Kamis,(26/12).

Shalat gerhana dilaksanakan usai shalat Dzuhur berjamaah di masjid pesantren setempat. Seperti yang dicontohkan oleh Abah haji, shalat gerhana mempunyai dua rukuk dan dua sujud.
(Aisyah/Alazhar Media/26/12/2019)

No comments:

Post a Comment