03 Juli 2023

Cetak Generasi Santri Ulul Albab, Pondok Pesantren Citangkolo Gelar POSBA (Pekan Orientasi Santri Baru).

 

Sumber: Istimewa

Alazharcitangkolo.com- Mengawali tahun ajaran baru 2023-2024, Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar Melaksanakan kegiatan POSBA (Pekan Orientasi Santri Baru). Kegiatan ini merupakan agenda yang wajib diikuti seluruh santri baru setiap memasuki tahun ajaran baru.


POSBA (Pekan Orientasi Santri Baru) tahun ajaran 2023-2024 ini dilaksanakan sehari setelah kedatangan santri baru, yakni dimulai pada hari Senin s/d Kamis (3 s/d 6 Juli 2023), bertempat di aula pesantren dan dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB selama hari pelaksanaan.


Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipimpin langsung oleh pimpinan pengasuh pondok pesantren, KH. Munawir Abdurrohim, MA.

KH. Munawir Abdurrohim, MA

Kegiatan ini diikuti oleh 280 Santri putra-putri, yang terdiri dari beberapa tingkatan pendidikan formal dari mulai MTS, SMP, MA, SMK, SMA, hingga tingkat pendidikan perguruan tinggi. Hal ini mengingat di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, para santri tidak hanya belajar pendidikan salaf pesantren, namun juga menimba ilmu di lembaga pendidikan formal.


Secara umum, tujuan dari kegiatan POSBA ini adalah memberikan gambaran tentang apa saja yang ada di dalam pondok pesantren, baik itu akhlak seorang santri ataupun metode pembelajaran di pesantren.


POSBA (Pekan Orientasi Santri Baru) juga berfungsi sebagai ruang perkenalan. Perkenalan antara santri baru dengan sesama santri baru lainnya, perkenalan dengan pengasuh dan pengurus pesantren, serta perkenalan dengan pemahaman ke-pesantren-an yang orientasinya menumbuhkan rasa cinta terhadap pesantren.


Selain itu, tujuan dari pelaksanaan POSBA yaitu untuk membekali santri agar memiliki rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, serta pembekalan mental spiritual para santri. Dan juga untuk mempersiapkan para santri baru agar siap menjalani kegiatan sehari-hari sebagai seorang santri.


Dalam kegiatan ini, santri baru diperkenalkan dengan beberapa hal khas pesantren, seperti di antaranya seni musik hadroh, materi-materi tentang pesantren, dan lain sebagainya.


Tidak hanya pembekalan dalam bentuk materi, panitia juga menyiapkan game dalam bentuk out bond. Adanya out bond bertujuan sebagai ruang keceriaan bersama untuk menghilangkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran.


Pewarta: Neli Fadilah

Editor: Zul Fikar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar