31 Juli 2023

Tashih, Tasnid wa Tashwir peserta khataman Juz ‘Amma, Binadzri, dan Bil Ghoib 30 Juz

Sumber: Istimewa

Alazharcitangkolo.com- Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Menggelar acara Tashih, Tasnid Tashwir Peserta Khataman Juz  ‘Amma, Binadri dan Bil Ghoib 30 Juz, bertempat di aula munas Miftahul Huda Al Azhar Banjar (30/07/2023).


Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Muharamman 1445 H,Harlah Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo ke-63, dan Haul KH. Abdurrohim ke-26.


Tashih, Tasnid wa Tashwir adalah momen persiapan akhir yang wajib diikuti seluruh peserta khataman. 


Adapun peserta khataman yakni terdiri dari khataman Juz 'Amma sebanyak 144 peserta, khataman Binadri sebanyak 133 peserta, dan khataman Bil Ghoib sebanyak 44 peserta santri putra dan putri.


Dalam sambutannya, KH. Munawwir Ar. MA selaku pimpinan  Ponpes Al-Azhar  menjelaskan bahwa tasnid adalah uapaya menjaga sanad keilmuan bagi para santri yang telah khatam dalam proses pembelajaran.


“Sore ini adalah tasnid, menyambung-nyambungkan ilmu agar supaya ilmu dari PPMH Al Azhar Citangkolo Kota Banjar menjadi ilmu yang manfaat barokah untuk para santri yang mengikuti Khataman Qur’an,”  jelasnya. 


Abah haji, sapaan akbranya, menambahkan bahwa kewajiban santri setelah mendapatkan ilmu adalah mengamalkan ilmunya.


Menurutnya, mengamalkan,  selain upaya menjaga ilmu yang telah didapat agar tidak hilang adalah tanda bahwa ilmu itu bermanfaat adalah diamalkan.


“Tanda-tanda ilmu itu manfaat adalah ilmu yang mau diamalkan,” tambahnya.


Proses pelaksanaanya yaitu, seluruh peserta khataman dikumpulkan dalam satu tempat, yakni di panggung utama Muharraman, kemudian Gus H.Ahmad Bananu Syafiq, membacakan sanad Al-Qur’an ma’an qiraati asyim bil ghoyati Hafs.


(Aini Nurun Nazhifah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar